Pengantar Kurasi Pameran Seni Rupa Banten 2015

img_4135 img_4199

tulisan ini merupakan pengantar saya pada kurasi pameran yang berthema:

ALIANSI

Pameran Seni Rupa Banten 2015 merupakan pameran yang mencoba mendata seni visual yang berada di wilayah Propinsi Banten. Dan thema ALIANSI digunakan sebagai cara menjaring begitu beragamnya bentuk dan gagasan kreatif para perupa yang ada dan bersedia mengirimkan proses kreasinya ke panitia penyelenggara pameran ini.

Thema ALIANSI ditawarkan untuk melihat sejauh mana gagasan yang ada pada para perupa yang sekaligus merupakan insan yang peka terhadap situasi yang terus berubah pada perilaku kebiasaan yang berhubungan dengan tradisi. Rasa asing terhadap lingkungan sekitar akibat percepatan kehidupan modern yang tidak lagi sejalan dengan tradisi yang dipatuhi selama berabad-abad telah menjauhkan manusia dari faktor kehangatan, yang semula dianggap sebagai kelegaan, dimana manusia mulai keluar dari fungsinya sebagai mahluk sosial dengan menghindari kontak sosial untuk melarikan diri dari friksi antara jalan berfikir modern dengan struktur tradisi yang dirasa tidak memungkinkan keberadaannya untuk menjadi bagian dari gaya hidup modern.

Dalam pameran kali ini kita masih bisa melihat semua aspek kreatif tersajikan dengan kebiasaan yang tidak banyak berubah dari tradisi seni visual global. Melukis dengan proses imitasi atau meniru pemandangan alam sebagai gagasan mengagumi keindahan, juga kita masih melihat ada kesetiaan pada seni tradisi yang dikreasikan sebagai wujud kecintaan. Proses metafor dan ikonik yang sudah lama hadir pada kreativitas seni rupa menjadi dominan sebagai pilihan cara menyajikan tampilan visual para perupa. Perubahan kebiasaan berjalan normal. Tantangan ke depan adalah bagaimana para perupa mampu membangun suatu aliansi yang harmoni, meneruskan re-habitat kehidupan yang terus berjalan, terutama dalam sisi perkembangan demografis bangsa sehingga kajian-kajian tradisi mulai diintegrasikan dalam kosep-konsep baru kehidupan kini, paralel dengan teknologi dan faktor kebahagiaan, dalam bentuk ALIANSI

Tradisi dan modernisasi seringkali menjadi hal yang kurang bersahabat antara satu dengan lainnya. Demi nilai-nilai yang ingin dicapai dalam kehidupan modern, tradisi seringkali diingkari karena dianggap sebagai faktor penghambat. Kajian dan studi yang lebih mendasar mengenai tradisi mengungkapkan pentingnya elemen-elemen positif tradisi bagi kehidupan setiap individu yang bisa: menambah kualitas hidup dengan nilai-nilai spiritual baru, memberikan panduan akan gaya hidup yang lebih sesuai dengan akar budayanya, menggembalikannya kepada hal-hal indah, dan kehangatan setiap ritual kemasyarakatan dan kekeluargaan sebagai faktor kebahagiaan. Tradisi dan modernitas akhirnya menjadi sebuah aliansi yang saling menguntungkan dalam konsep-konsep baru kehidupan kini.

Dengan demikian pameran seni rupa Banten 2015 ini mudah-mudahan bisa menjadi ajang bersama, dan diharapkan bisa dilihat sebagai suatu usaha positif dalam memberikan kehangatan dan kebahagiaan dalam menghadapi perubahan, karena bagaimanapun hubungan tradisi dan modern adalah realitas yang makin membuat dunia terbuka dan pengembangan diri sebagai profesi dalam era gadgets tidak terbatas tembok bangunan atau pembatas ruangan.*

 

0 Responses to “Pengantar Kurasi Pameran Seni Rupa Banten 2015”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Hai … blogger,

Blog ini ingin menyajikan sosok Firman Lie sebagaimana adanya dia sebagai seorang perupa, seorang pendidik dan seorang manusia yang ingin bermakna pada kehidupan.

Foto Aktivitas

Doa-Kebahagiaan1

Pameran-berdua-di-Jambi

pameran-di-malaysia

pameran-di-japan-foundation

Metromini-2

pameran-tunggal-di-Japan-Foundation

horizontal

Simbol Ritual 2

kammaloka

Simbol Ritual 1

Lebih Banyak Foto

Jumlah Pengunjung

  • 12,812 pengunjung

%d blogger menyukai ini: